Kepemimpinan Dalam Organisasi
Organisasi merupakan suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut pendapat Stoner dalam Racham ( 2010 ), mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan/manajer untuk mengejar tujuan bersama ataupun tujuan khusus organisasi, “leading followers toward some specific goal” (Taylor, et all. 2011: 183). Dalam organisasi, kepemimpinan adalah tentang kepercayaan diri dan pengambilan keputusan.
Ada beberapa sikap yang layak harus dilakukan oleh seorang calon pemimpin jika ingin menjadi pemimpin dalam organisasi. Beberapa sikap kepemimpinan dalam organisasi yang baik sebagai berikut :
1. Tindakan Kepemimpinan Yang Efektif
Adalah penting bagi seorang pemimpin untuk dapat dipercaya dan memiliki karakter yang kuat. Seorang pemimpin harus mampu memimpin para pengikutnya. Kepemimpinan dalam organisasi yang efektif “development of effective leaders” (Judge & Bono dalam Jia Hu, et all, 2011), harus melibatkan dan membimbing para pengikutnya ke arah yang benar, membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan. Kata-kata dalam kepemimpinan organisasi akan efektif jika disertai dengan tindakan. Jadi dalam organisasi, seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi para pengikutnya melalui kehidupan dan tindakannya sendiri. Adapun strategi kepemimpinan yang efektif diantaranya :
2. Mengetahui Keadaan Anak Buah
Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, anda harus mengetahui keadaan anak buah. Pemimpin harus membuat pilihan, memberikan tanggung jawab dan memilih orang-orang yang layak untuk mengimplementasikan keputusan pemimpin. Memahami potensi anak buah anda adalah penting bagi pelaksanaan kerja yang tepat. Membuat pilihan yang adil dan tepat pada waktu yang tepat adalah ciri yang baik untuk kepemimpinan dalam organisasi.
3. Menghargai Orang Lain
Seorang pemimpin harus ingat bahwa dia memimpin orang banyak dan orang-orang inilah yang nantinya akan membuatnya menjadi seorang pemimpin dan mengikutinya. Hal ini tidak akan adil jika pemimpin tidak memperhatikan mereka, apa yang mereka inginkan. Para pengikut/bawahan memiliki harapan dari pimpinan mereka. Untuk menjadi pemimpin yang baik, pemimpin perlu pemahaman dan perhatian dengan orang-orang di bawah. Pemimpin perlu untuk membantu mereka memerangi kelemahan mereka, memuji mereka dan membawa mereka bersama di jalan kesuksesan.
4. Menjadi Antusias
Seorang pemimpin organisasi yang antusias adalah pemimpin yang baik. Tujuannya adalah memotivasi pengikutnya untuk bekerja dan merealisasikan rencana. Keterampilan kepemimpinan dalam organisasi sangat mendorong para pengikutnya untuk mengambil upaya menuju tujuan yang diharapkan dalam organisasi. Seorang pemimpin yang antusias dan berpikiran terbuka akan lebih didekati oleh para pengikutnya.
5. Menjadi Percaya Diri
Kepercayaan diri adalah penentu kunci dari kepemimpinan dalam organisasi. Tanpa kepercayaan diri, seorang pemimpin tidak bisa mengharapkan orang lain untuk mengikutinya. Kepercayaan diri yang dimiliki seorang pemimpin dalam dirinya, diterjemahkan ke dalam tindakan untuk mengambil keputusan yang tepat dan tindakan yang efektif.
6. Sikap Tenang
Mampu bersikap tenang dalam setiap situasi adalah bagian penting dari menjadi seorang pemimpin yang baik. Rasa tenang membantu dalam mengambil keputusan yang tepat. Dalam situasi apapun pemimpin tidak boleh kehilangan ketenangan karena hal itu akan mengganggu proses pengambilan keputusan organisasi dan berpengaruh pada tujuan organisasi.
No comments:
Post a Comment